Monday, November 5, 2012

Rahasia Lulus UN


Ujian Nasional (UN) segera tiba sudah siapah Anda? Sejauh mana kita mempersiapkan anak didik kita untuk melintasi masa sebentar ini. Yang mana UN Juga merupakan penentu harapan masuk di sekolah yang lebih lanjut. Mekipun hasil UN bukan merupakan indicator keberhasilan manusia dalam menghadapi hidup, namun UN di dunia pendidikan Indonesia masih menjadi acuan kualitas suatu sekolah.
Sudah jelas, jika ingin berhasil dalam suatu misi. Kiat-kiat untuk mencapai target maksimal harus kita rencanakan, dirumuskan, dan dilaksanakan dengan sungguh-sungguh. Sukses UN bukan hanya untuk siswa, tapi juga guru, sekolah, dan masyarakat. Untuk itu kiat-kiat sukses bisa berhubungan dengan siswa, guru, orang tua, dan masyarakat. Kali ini kami aka menjelaskan kiat sukses untuk guru agar mengantarkan kesuksesan siswa di UN 2012.
H  Miliki Kisi-Kisi
Pembuatan soal UN tidak asal comot, tapi sudah ada rambu-rambu yang ditetapkan oleh pemerintah. Rambu-rambu ini dikemas dengan nama Kisi-Kisi UN 2012, baik untuk SD, SMP, dan SMA sudah bisa anda dapatkan. Khusus untuk kisi-kisi UN SD bisa anda lihat di majalah ini, sedangkan untuk SMP, dan SMA anda bisa mendownloadnya di sini.
Dengan kisi-kisi ini guru sudah bisa mengatur peta kekuatan, strategi, dan langkah-langkah yang tepat dalam menghadapi soal UN.
H  Kumpulkan Materi Yang Relevan
Dengan kisi-kisi itu, kita cari materi yang relevan. Cari materi yang sederhana hingga di atas tingkatan rata-rata kurikulum. Untuk sementara materi yang tidak sesuai dengan kisi-kisi kita tinggal. Materi tidak harus berasal dari satu buku, materi juga bisa kita dapatkan dari media internet.
Buatlah rangkuman,  kesimpulan-kesimpulan serta peta konsep yang membuat siswa mudah memahami dan menyederhanakan materi.
H  Buatlah Prediksi Soal Sebayak Mungkin
Dengan materi yang relevan kita buat menjadi bentuk-bentuk soal yang sesuai kisi-kisi. Mulai nomor soal hingga redaksi kalimat soal kita buat sesuai kisi-kisi. Kumpulkan soal-soal UN tahun sebelumnya, ambil soal-soal yang menurut anda akan keluar pada UN 2012. Minimal 5 tahun yang lalu anda harus tahu bentuk-bentuk soalnya. Semakin banyak anda membuat prediksi soal, semakin besar peluang soal anda akan keluar di UN 2012 nanti.
H  Buat Agenda Try Out
Kegiatan try out sangat bermanfaat sekali bagi anak didik kita. Dengan try out kita mengetahui sejauh mana keberhasilan proses pembelajaran. Tryout juga mampu melatih siswa mengisji LJK dengan benar, tryout bisa membuat anak-anak siap secara fisik dan mental.
Buatkan jadwal khusus untuk tryout mandiri dan try out yang dilaksanakan di luar. Semakin banyak mengikuti try out, maka saat UN nanti anak-anak sudah menjadi biasa.
H  Bentuk Tim Sukses Un 2012
Tim bisa berasal dari satu sekolah atau tambah bagus dari KKG/PKG guslah maupun kecamatan. Dengan semakin banyaknya guru yang berperan serta, maka semakin ringan beban kita dan semakin besar harapan untuk berhasil. Dengan tim ini kita bisa memaksimalkan di kegiatan merumuskan materi, pembuatan soal prediksi, bahkan sampai kegiatan tryout bersama yang berulang dilaksanakan.
H  Datangkan Kekuatan Terbesar Anda
Tahukah apa kekuatan terbesar untuk menghadapai UN? Do’a guru. Benar, do’a guru yang ikhlas untuk siswa-siswinya membuat keajaiban akan terjadi.  Menjadikan siswa yang loyo menjadikan semangat. Menjadikan siswa  lebih mengerti arti tujuan belajara sebenarnya. Setiap saat dan setiap waktu guru harus bisa mendo’akan siswanya.
Tambah dahsyat jika anda mengajak anak-anak secara rutin sholat duha dan puasa sunah senin kami untuk bersama-sama mendekatkan diri kepada Allah. Pasti hasilya lebih luar biasa.
H  Semua Mendukung
Jadikan suasana sekolah, suasana rumah, dan masyarakat mendukung keberhasilan kita. Suruh anak-anak meminta  Do’a kepada seluruh guru, adik kelas, orang tua, dan orang yang mereka kenal. Setiap siswa mencatat daftar nama yang mereka minati do’a. bagi siswa yang mendapatkan do’a terbanyak berilah reaward. Pasang juga sepanduk atau baliho untuk dukungan do’a dan peran serta seluruh masyarakat.
H  Building Reaport
Bagun kedekatan anda dengan siswa-siswi. Semakin dekat, semakin bagus. Bangun kebersamaan yang sehat. Sesekali ajak mereka ke alam, bisa dikemas out bound, tadabur alam, atau sekedar jalan-jalan dengan bersepeda. Masukkan semangat dan dukungan anda akan keberhasilan mereka. Percayalah pada mereka akan keberhasilannya. Dan ajari mereka kejujuran dalam UN nanti. Allah pasti membantu.
Semoga kiat-kiat ini bisa menjadikan kita lebih siap hadapi UN. Selamat berjuang wahai guruku, semoga Allah merahmati kita. Amiin

0 comments:

Post a Comment

 
Jangan Lupa Like Ya !